> .: Cara Cepat Belajar Al'Quran

Selasa, 10 Februari 2015

Cara Cepat Belajar Al'Quran

Bagi umat islam, Al Qur’an merupakan tuntunan bagi umat islam sehingga semua umat muslim seharusnya dapat membaca Al Qur’an baik laki laki maupun perempuan. Al Qur’an sebaiknya di ajarkan mulai anak anak sehingga jika telah dewasa akan lebih memahami isi serta makna dari setiap ayat ayat yang di bacanya pada Al Qur’an. Al Qur’an merupakan kitab yang bertuliskan huruf arab dan bagi orang yang baru mengenal Al Qur’an atau mualaf tentu membaca Al Qur’an sangatlah sulit. Namun akan sangat baik apabila anda tidak hanya dapat membaca, namun juga membaca artinya, memaknai serta dapat melaksanakan hal hal yang ada di tulis di dalam Al Qur’an karena Al Qur’an merupakan pedoman hidup semua umat muslim di dunia. Anda sudah dapat membaca Al Qur’an bukan?



Add caption
Cara cepat belajar membaca al qur’an 



Bagi mualaf atau anak anak kami akan memberikan beberapa tips cara cepat membaca Al Qur’an. Inilah beberapa cara yang dapat anda lakukan :


1. Sering mendengarkan atau melihat video orang membaca Al Qur’an
Sebaiknya bagi anda yang benar benar belum mengetahui dan ingin belajar membaca Al Qur’an sebaiknya latihlah pendengaran anda untuk mendengarkan Al Qur’an, karena sangat membantu anda dalam membaca Al Qur’an.

2. Belajar mengenal huruf Hija’iah 
Guruf Hija’iah terdiri dari 28 huruf yang harus anda hafalkan. Pada saat belajar membaca Al Qur’an tentu saja anda harus mengetahui huruf hija’iah terlebih dahulu. Sama halnya dengan belajar membaca bahasa Indonesia atau ejaan bahasa Inggris, anda harus menghafalkan huruf A sampai Z .  Begitupun dengan membaca Al Qur’an , anda harus menguasai 28 huruf tersebut, itu adalah dasar dan modal utama agar anda dapat membaca Al Qur’an. Mulailah belajar Al Qur’an dari Iqra karena disana anda dapat belajar membaca Al Qur’an seccara detain dan dasar. Hafalkan huruf huruf tersebut sampai anda benar benar hafal kemudian belajar untuk membaca huruf tersebut..

3. Pahami tanda baca Al Qur’an
Setelah anda hafal dengan ke 28 huruf tersebut anda harus mengetahui dan memahami tanda baca Al Qur’an. Tanda baca Al Qur’an adalah kasra, dhomah dan fatkhah sama halnya dengan anda membaca huruf fokal dalam bahasa Indonesia. Setelah dapat membaca tanda baca tersebut maka mulailah belajar dengan huruf bersambung, mulai dari 2 huruf di sambung dan selanjutnya.

4. Mengenal hukum Al Qur’an dan cara membacanya
Hukum hukum Al Qur’an banyak sekali yang perlu anda ketahui dan hafalkan. Di dalam membaca Al Qur’an, hukum sangatlah penting karena apabila salah dalam membaca maka arti dan maknanya sudah berbeda. Oleh karena itu anda harus benar benar mengetahuinya. Banyak sekali hukum hukumnya seperti panjang pendek (mad), di baca dengung ( mad), di baca jelas ( izhar) dan lain sebagainya. pelajarilah satu persatu apabila sampai anda hafal semuanya.

5. Baca berulang ulang
Sama dengan belajar, membaca berulang ulang akan membuat anda lebih cepat bisa membaca Al Qur’an karena lidah anda akan terbiasa membaca Al Qur’an. Biasakan setiap hari membaca Al Qur’an, tidak perlu membaca terlalu lama yang penting anda membaca setiap harinya karena selain berpahala, membaca Al Qur’an setiap hari membuat anda lebih cepat dan semakin lancar membacanya.

6. Buat catatan kecil
Cara cepat belajar membaca Al Qur’an selanjutnya yaitu dengan membuat catatan kecil. Belajar memang tidak mudah, belajar sangatlah sulit terutama belajar hal hal yang sebelumnya belum pernah di pelajari dan dapat di katakana membaca Al Qur’an memang cukup sulit dan membutuhkan waktu lama. Bagi anda yang memang belum bisa maka buatlah catatan kecil. Catatan kecil tersebut dapat anda isi surat Al Qur’an yang anda tiru di Al Qur’an kemudian baca setiap saat atau mencatat hal hal yang menurut anda penting. Selalu luangkan waktu anda untuk membacanya karena anda membaca Al Qur’an memang tidak tidak dapat instan.

7. Mendatangan guru ngaji
Tidak semua orang dapat membaca Al Qur’an sendiri sehingga membutuhkan guru ngaji. Anda harus mendatangkan guru ngaji kerumah anda atau pergi ke masjid untuk belajar mengaji. Guru sangatlah berpengaruh untuk anda karena jika ada guru anda akn mudah jika ingin bertanya tanya seputar cara cepat belajar membaca Al Qur’an. selain itu dengan adanya guru tentu anda akan mendapatkan dukungan moril serta beban untuk anda yang dapat memotivasi diri anda sendiri sehingga akan lebih cepat dapat membaca Al Qur’an.

8. Sabar 
Sabar merupakan cara yang harus anda lakukan, membaca Al Qur’an tidak dapat di lakukan dengan instan, oleh karena itu anda harus bersabar untuk dapat membaca Al Qur’an secara benar dan cepat.

9. Praktekan setiap hari
Pada saat anda belajar dan sudah bisa membaca Al Qur’an, anda akan mudah lupa dan gugup saat membacanya. Oleh karena itu anda harus membacanya berulang ulang setiap hari. Tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk membaca Al Qur’an setiap harinya, namun bacalah minimal 10 menit dalam setiap harinya.

10. Praktekan
Al Qur’an merupakan pedoman bagi kehidupan kita, setelah belajar membaca Al Qur’an sebaiknya anda membaca terjemahan atau arti dari setiap ayat ayat Al Qur’an yang anda pelajari tersebut. Jika anda sudah membacanya, anda dapat membaca artinya kemudian mempraktekan apa yang di ajarkan di dalam Al Qur’an tersebut. Dengan begitu anda dapat membaca Al Qur’an dengan cepat karena anda akan bersemangat membacanya dan merasa nyaman dan merakan hal yang berbeda saat membaca dan mempraktekan isi Al Qur’an tersebut.

Itulah beberapa tips cara cepat belajar membaca Al Qur’an yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat berguna bagi anda. Sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi “ ibadah yang paling utama bagi umatku adalah Al Qur’an”. Hidup sesuai dengan ajaran Al Qur’an akan membuat hidup anda menjadi lebih aman, nyaman dunia akhirat sehingga sebaiknya setiap hari anda membaca Al Qur’an dan memaknainya dengan mempraktekannya. Tidak hanya bagi kehidupan pribadi, Al Qur’an juga mencatatkan setiap kejadian kejadian yang akan akan terjadi di dunia serta akherat. 
Membaca Al Qur’an membuat anda mendapatkan palaha yang sangat besar sehingga anda sebaiknya membacanya setiap hari. Membaca Al Qur’an memang baik pada saat apapun dan kapanpun namun akan lebih baik apabila anda membaca Al Qur’an pada saat sebelum azdan subuh dan setelah solat magrib. Anda akan merasakan kenyamanan yang luar biasa. Membaca AlQur’an jangan lupa juga untuk berwudu agar lebih afdol untuk anda. Dengan begitu besarnya manfaat Al Qur’an bagi kehidupan, bagi anda yang belum bisa membacanya maka belajarlah dengan cara cepat belajar membaca Al Qur’an yang telah kami sampaikan di atas. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda dalam membaca Al Qur’an. 

Tidak ada komentar:

Mohon Berikan Komentar Anda Dengan Baik Yang Bersifat Membangunan dan Mendidik,Terima Kasih

Berikan Komentar Anda Dengan Sopan dan Baik